http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5836219074161773164#template/src=dashboard Kandungan - Manfaat Timun untuk Kesehatan | Collection of Health Tips

Kandungan - Manfaat Timun untuk Kesehatan


Manfaat – Kandungan Timun


Buah mentimun banyak orang yang suka, karena kaya akan manfaat.
Kandungan yang terdapat dalam buah timun dapat di gunakan untuk kecantikan,
obat, makanan, lalapan, dan lain-lain. Buah timun yang banyak kandungan
Buah dengan nama latin Cucumis Sativus termasuk sayuran dalam family Cucurbitaceae.
Keluarga timun adalah seperti timun suri, blewah, melon, dan labu-labuan.
Menjadikan timun sebagai lalapan, tentu bukan hanya mendapat rasa segar,
namun juga akan mendapat nutrisi, vitamin, mineral, dan kandungan gizi yang lain.

Kandungan Nutrisi Timun:

Dalam setiap 100 gram timun mengandung: Gula – 1,67 gm,
Karbohidrat – 3,63 gm, Serat Diet – 0,5 gm, Riboflavin (Vitamin B2) – 0,033 mg,
Niacin (Vitamin B3) – 0,098 mg, Asam Pantothenic (Vitamin B5) – 0,259 mg,
Thiamin (Vitamin B1) – 0,027 mg, Vitamin B6 – 0,040 mg, Lemak – 0,11 gm,
Protein – 0,65 gm, Vitamin C – 2,8 mg, Asam Folat (Vitamin B9) – 7 μg,
Zat besi – 0,28 mg, Calcium – 16 mg, Magnesium – 13 mg, Fosfor – 24 mg,
Zinc- 0,20 mg, dan Potassium – 147 mg

Berikut Manfaat Timun bagi Kesehatan:


Manfaat Timun untuk Merawat Kulit Wajah

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi di dalam timun,
ternyata bermanfaat dan berguna untuk kulit, seperti kulit wajah.
Timun dapat melembabkan kulit, mengencangkan kulit,
dan menyembuhkan kulit dari terbakar sinar matahari,
dan menyembuhkan bengkak pada kulit wajah.
Timun juga dapat untuk memberi kesejukan pada mata yang leleh,
dengan meletakkan potongan timun di mata. Dan mendiamkan sebentar.

Manfaat Timun untuk Mengatur Tekanan Darah

 

Timun mengandung banyak magnesium, serat, dan kalium yang bekerja efektif mengatur tekanan darah. Selain itu, timun berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

Manfaat Timun untuk Meredakan Nyeri Asam Urat


Timun mengandung vitamin B6, C, A, B1, D, kalsium, folat, magnesium dan kalium dapat meredakan nyeri asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Manfaat Timun untuk Menurunkan Berat Badan


Kandungan timun yang rendah kalori dan mengadung banyak air, menjadikan timun sebagai menu ideal bagi orang yang berniat untuk menurunkan berat badan. Kulit timun mengadung banyak serat.

Manfaat Timun untuk Mengutakan Sendi


Timun mengandung silika yang bermanfaat untuk kulit dan kesehatan sendi, dapat memperkuat jaringan-jaringan ligamen sebagai penghubung persendian.

Manfaat Timun untuk Mengurangi Diabetes 


 Penderita diabetes di anjurkan untuk mengonsumsi timun, karena timun mengandung hormon yang diperlukan oleh sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin.

Manfaat Timun untuk Menghindari Kanker


Timun mengandung senyawa yang baik untuk tubuh. Timun mengandung secoisolariciresinol tiga lignan, lariciresinol, dan pinoresinol yang banyak penelitian mengatakan bahwa timun dapat menghindari dan mengurangi risiko terserang kanker, seperti: kanker ovarium, kanker uterin (kanker endometrium), kanker prostat dan kanker payudara.

Manfaat Timun untuk Kesehatan Jantung

Kandungan timun yang kaya kalsium, suatu elektrolit intra seluler yang penting bagi tubuh. Kalsium tersebut adalah elektrolit yang ramah pada jantung, dan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan laju detak jantung dengan cara melawan efek natrium (sodium).

Manfaat Timun untuk Diuretik, Batu Ginjal


Timun yang segar dan sehat banyak mengandung air, mineral, dan vitamin yang bermanfaat untuk diuretik, berperan untuk membuang toksin atau racun yang ada di dalam tubuh, dan membuang sisa metabolisme dari tubuh melalui urine. Rajin makan timun secara rutin, dapat membersihkan batu ginjal atau batu empedu

Manfaat Timun untuk Kesehatan Pencernaan


Timun mengandung zat yang membantu kesehatan pencernaan. Sakit pencernaan seperti mulas, asiditas, maag, sembelit, dan radang lambung dapat diobati dengan rajin mengonsumsi timun. Kandungan air yang tinggi dalam timun bermanfaat untuk menghilangkan racun atau toksin, sehingga pencernaan dapat bersih dan sehat secara alami.

Manfaat Timun untuk Melancarkan Buang Air Besar

Timun mengandung mineral dan serat yang banyak, bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

Manfaat Timun untuk Mengobati Demam


Timun juga dapat dijadikan sebagai obat demam. Cara mengobati demam dengan timun adalah : Parut 2 – 3 buah timun, diperas parutan tersebuut. Parutan timun di tempelkan pada perut. Lakukan cara tersebut hingga demamn reda. Manfaat Timun untuk Mengobati Cacingan Biji timun mengandung racun alkaloid jenis hipoxanti, bermanfaat memusnahkan cacaing dalam tubuh.

Manfaat Timun untuk Meredakan Radang Tenggorokan 


Biji ketimun dapat meredakan radang tenggorokan, selain itu juga dapat membatu mengobati batuk. Cara meredakan radang tenggoraokan dengan timun: Campurkan biji ketimun dengan sedikit garam, lalu gunakan dengan berkumur. Lakukan berkumur selama beberapa kali sehari.

Manfaat Timun untuk Menghilangkan Jerawat

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan merawat kulit wajah, timun juga dapat mengobati dan menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan timun adalah dengan menempelkan sedikit irisan timun pada area wajah yang jerawat. Jika anda rutin melakukan jerawat dapat cepat hilang. Beberapa informasi manfaat timun tersebut semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan dan dapat menambah wawasan anda seputar manfaat timun bagi kesehatan tubuh. Jadi anda dapat menjaga kesehatan tubuh secara alami, murah, dan mudah, cukup dengan mengonsumsi timun secara rutin, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya ...hihihiii

2 komentar:

Poskan Komentar