http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5836219074161773164#template/src=dashboard Mengenal Jenis Rambut | Collection of Health Tips

Mengenal Jenis Rambut

a

Mengenal Jenis Rambut

Banyak orang yang ingin merawat rambut agar tampak indah dan sehat, namun tidak mengenal rambutnya sendiri. Lucukan?? Maka saran saya, sebelum anda melakukan perawatan pada rambut, anda kenalan dulu dengan jenis rambut anda, agar tidak salah dalam melakukan perawatannya. Memiliki rambut yang indah, sehat, tanpa ketombe, tanpa rontok, tanpa berminyak dan kuat tentu menjadi kebanggan sendiri,
 So jika anda ingin mempunyai rambut yang indah kenali dulu jenis rambut anda. 
Ehee Setidaknya ada 4 jenis rambut yang perlu anda ketahui: 
 
 
1. Jenis Rambut Kering. 
  1. Jenis rambut kering identik dengan kusam, susah di atur, dan yang menyedihkan yaitu rapuh, mudah patah dan rontok. Rambut kering merupakan jenis rambut yang dapat dikatakan
     sebagai rambut rusak.   
    Beberapa Faktor penyebab rambut kering, di antaranya: 
     karena ke seringan keramas, keseringan menggunakan bahan pengawet, bahan kimia, sering menggunakan hair dryer, dan kurang mendapat vitamin. Untuk suplay vitamin rambut dapat dari saat kita mengonsumsi sayur-mayur dan buah-buahan yang mengandung zat besi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. 
    Jika anda tergolong pemilik rambut kering, maka saran saya gunakan shampoo yang mengandung yogurt, karena yogurt dapat memberi kelembutan dan kelembaban pada rambut, sehingga rambut anda bisa berkurang kering dan kusamnya. 
    Atau anda dapat mempelajari bagaimana cara mengatasi rambut kering. 
     
    2.  Jenis Rambut Berminyak 
     
    Jenis rambut berminyak identik dengan lepek, mudah kotor, bisa terasa berminyak, mudah terkena ketombe, dan mudah gatal. Bagi anda yang tergolong sebagi pemilik rambut berminyak, anda tidak ada salahnya rajin mencuci rambut untuk menjaga kebersihan kulit rambut, karena bagi pemilik rambut berminyak sangat rentang timbul ketombe dan tanpa sadar pasti anda garuk-garuk kepala, karena gatal. Ketombe berasal dari kotoran, lapisan atas kulit kepala yang berminyak dan menumpuk, lalu timbul bakteri yang membuat kepala serasa gatal dan panas. 
 
Beberapa Faktor penyebab rambut berminyak, di antaranya: 
  1. Rambut jarang di keramas, menyebabkan lapisan atas kulit yang terkelupas dan bercampur dengan minyak berakibat kepala tertutup dengan kotoran (ketombe)
    2. Memproduksi asupan makanan yang banyak mengandung minyak. 
    3. Faktor keturunan
    4. Asupan gizi dan nutrisi yang kurang. 
    5. Karena terlalu tertekan dan menyebabkan stress. 
    6. Terlalu lama rambut dalam keadaan tertutup, seperti jika anda berjilbab, setidaknya jangan berjilbab jika anda dalam kondisi tidur, berikan kesempatan untuk rambut bernafas.
     7. Salah dalam memilah shampoo.
     8. Tidak cocok dengan condisioner.
     
     Perawatan rambut yang cocok untuk rambut berminyak adalah 
     1. Rajin-rajin untuk mencuci rambut, sehingga kotoran tidak menumpuk di kulit kepala, yang dapat menimbulksn ketombe. 
    2. Gunakan shampoo yang khusus untuk rambut berminyak. Dapat juga memilih shampoo bayi karena tidak banyak mengandung bahan kimia. 
    3. Jangan keramas dengan air hangat juga jangan menggunakan condisioner di batang rambut, karena keduanya dapat meningkatkan kadar minyak di kulit kepala, juga pemakaian condisioner tidak perlu bagi anda yang memiliki jenis rambut berminyak, karena akan semakin membuat rambut anda lepek dan menimbulkan kotoran di kulit kepala. 
     
     3. Jenis Rambut Normal Jenis Rambut Normal 
     
    inilah salah satu yang paling di inginkan oleh semua orang, baik wanita maupun pria. Karena jika rambut anda normal, tentu anda tidak akan terserang perasaan was-was dan gelisah karena rammbut, tentu membuat anda tampil semakin percaya diri. 
    Jenis rambut normal identik dengan warnanya hitam (khusus untuk orang indonesia yaa, ehehhe, kalau ukuran sehat untuk orang luar negeri berbeda-beda warnanya), selain hitam, jenis rambut normal juga berkilau, tidak kasar, tidak kaku, lembut, dan mudah di atur. 
    Dari ciri-cirinya saja pasti enak yaa punya rambut normal?? Yang jelas untuk rambut yang tercipta normal, tidak butuh banyak perawatan ekstra khusus, karena itu sudah jenis rambut. Namun, yang jelas tetap butuh perawatan agar tidak terserang rontok, ketombe, atau penyakit rambut lainnya.ehee.. Manusia juga meski terlahir sehat kan juga pasti pernah yang namanya terserang sakit kan?? 
     
    4. Jenis Rambut Mudah Rusak dan Patah. 
     
    Jenis rambut mudah rusak dan patah ini yang paling kasihan..ehee Jenis rambut rusak tidak dapat terlepas dari patah, rambut patah, dapat patah hanya setengah rambut, namun juga dari akar rambut, yang bisa di katakan menjadi botak,,ehee.. Jenis Rambut Mudah Rusak dan Patah identik dengan kusam, kering, kasar, dan rambut banyak yang ujung rambutnya bercabang. 
     
    Jenis Rambut Mudah Rusak banyak faktor penyebabnya, dan kurang lebih penyebab rambut mudah rusak dan patah hampir sama dengan jenis rambut kering di atas. Rambut rusak juga dikarenakan terlalu sering terkena sinar panas matahari, sering tersentuh oleh bahan-bahan kimia; 
    seperti di cat warna-warni ( selain merusak rambut, cat juga dapat merusak lapisan dan pigmen warna rambut), rambut sering di reboding, di luruskan, di hair dryer, dan alat-alat panas lainnya terhadap rambut, yang dapat menyebabkan rambut semakin rusak dan patah. 
     
    Saya sarankan, jika anda termasuk pemilik jenis rambut rusak maupun patah, anda pilihlah shampoo yang kaya akan protein d an ginseng, yang dapat memberi nutrisi dan vitamin untuk rambut.

3 komentar:

Poskan Komentar